Penyebab, Gejala dan Terapi Penyakit Psikosis

  • Whatsapp

Penyakit psikosis merupakan salah satu penyakit mental yang mungkin akan menyerang seseorang. Kalau kita ingat Joker pada film Hollywood kemarin kurang lebih penyakit ini bisa dikatakan juga ada di dalamnya. Penyakit psikosis dapat dikatakan sebagai gangguan mental yang muncul karena genetik ataupun pengaruh lingkungan sekitarnya.

Read More

Penyebab

Penyakit ini dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan sekitar, namun yang tentu akan menjadi hal krusial bagi seorang pasien adalah keluarganya ataupun orang tuanya. Terkadang ada kasus dimana orang tua menjadi faktor utama munculnya Penyakit ini. Meski begitu Penyakit ini cenderung timbul karena dorongan pribadi dari orang tersebut.

Mari sebut saja penyakit skizofrenia. Penyakit Skizofrenia dapat muncul dan menyerang siapa saja. Meski ya hanya terlihat di dalam diri seseorang tanpa kita bisa menyadarinya penyakit tersebut dapat menjadi dominan dan membuat keseimbangan hidup orang tersebut terganggu. Sayangnya masih banyak orang yang tidak percaya terhadap penyakit seperti ini.

Orang-orang di Indonesia masih begitu percaya dengan hal-hal yang berbau klenik. Tak jarang orang yang memiliki penyakit bipolar atau kepribadian ganda dianggap kerasukan jin. Hal ini tentu sangat aneh karena kepribadian ganda benar-benar ada dan bisa dibuktikan secara sains. Ironis memang melihat pola perkembangan masyarakat yang masih belum bisa menerima.

Penyakit ini dapat dipicu seperti penyakit parkinson, epilepsi dan stroke. Secara tidak langsung penyakit sistemik akan berefek kepada kesehatan psikis kita. Apalagi jika penyakit tersebut terkait dengan saraf dan otak.

Gejala

Gejala yang paling mudah mengenai penyakit ini adalah halusinasi. Di sini orang akan sulit membedakan antara kenyataan dan juga ilusi, hal itu membuat orang-orang merasa si penderita ini sedang mengonsumsi obat-obatan terlarang. Memang sebelum kita memastikan itu merupakan penyakit turunan atau bukan kita perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Tapi kebanyakan dari penyakit semacam ini diturunkan melalui faktor genetik. Gejala lain yang mungkin bisa menjadi patokan adalah delusi. Di sini orang akan memiliki keyakinan yang sangat kuat dan juga tidak bisa dipatahkan. Dia akan mengaku sebagai sesuatu yang sebenarnya bukan dirinya atau tidak sesuai dengan kenyataannya.

Terapi

Terapi singkat yang mungkin bisa dijalani adalah bertemu dengan psikiater. Di sana kita akan diberikan obat-obatan yang akan membantu kita menghilangkan delusi maupun halusinasi. Obat ini bersifat inhibitor. Setelah mengkonsumsi obat tersebut ilusi dan halusinasi yang kita alami perlahan mulai hilang.

Tentunya terapi ini hanya bisa dilakukan jangka panjang. Hal tersebut karena Penyakit ini tidak bisa langsung disembuhkan begitu saja. Butuh step dan proses yang panjang untuk menyembuhkan penyakit psikosis ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *