Mau Impor Kosmetik dari Luar Negeri? Harus Ada Izinnya

  • Whatsapp

mau-impor-kosmetik-dari-luar-negeri-harus-ada-izinnya

Menggunakan jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia harus dilakukan oleh importir yang ingin memasukkan barang dari luar negeri. Berbagai jenis barang bisa menjadi komoditas impor di Indonesia. Mulai dari pangan hingga sparepart kendaraan.

Read More

Kosmetik menjadi salah satu komoditas impor yang cukup menguntungkan para importir. Sebab kebutuhan akan kosmetik tidak pernah menurun jauh. Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia percaya bahwa produk impor punya kualitas lebih baik.

Mengenai Izin Impor Kosmetik

Memasukkan produk kosmetik ke Indonesia tidaklah mudah. Harus melewati prosedur yang berlaku dan harus jelas masalah izinnya. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin menjadi importir kosmetik:

1. Mendaftarkan Kosmetik ke BPOM

Untuk melindungi masyarakat dari hal-hal yang dapat merugikan kesehatan, maka diatur undang-undang dan peraturan pemerintah mengenai izin edar kosmetik di Indonesia. Baik produksi maupun peredaran kosmetik di tanah air harus memenuhi persyaratan mutu, keamanan, dan manfaatnya.

Sebelum diproduksi atau diedarkan di Indonesia produk kosmetik harus didaftarkan terlebih dahulu ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Begitu pula produk kosmetik yang berasal dari luar negeri dan hendak dipasarkan di Indonesia. Hanya produsen atau distributor kosmetik yang memiliki izin dan lisensi dapat melakukan pendaftaran produk ke BPOM.

2. Kosmetik Harus Memiliki Izin Edar

Sebelum Anda menggunakan perusahaan jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia untuk menyuplai produk kosmetik ke tanah air, harus mengantongi izin edar terlebih dahulu. Selain terdaftar di BPOM syarat lain agar mendapatkan izin edar adalah harus memenuhi persyaratan teknis kosmetika, memiliki Dokumen Informasi Produk, dan memiliki Surat Keterangan Impor.

3. Penarikan Izin Edar Kosmetik

Sebuah produk kosmetik impor yang sudah memiliki izin edar juga bisa ditarik izinnya, karena:

  • Persyaratan mutu, kemanfaatan, dan keamanannya terbukti merugikan masyarakat. Peninjauan kembali sebuah produk bisa terjadi karena adanya laporan masyarakat mengenai produk tersebut.
  • Produsen atau distributor tidak memenuhi persyaratan.
  • Terkena sanksi karena adanya tindak pidana atau dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh produsen atau distributor.

4. Sanksi Bagi Importir Nakal

Pengurusan izin impor untuk produk kosmetik memang lebih sulit daripada produk pakaian, elektronik, tekstil, atau sparepart. Oleh sebab itu, banyak importir yang mengabaikannya dan memilih memasukkan barang dengan cara ilegal.

Mendistribusikan dan menjual produk kosmetik tanpa izin edar akan menyebabkan penjual maupun importir mendapatkan peringatan tertulis, penarikan produk dari pasar termasuk dari media iklan, pemusnahan kosmetik, penarikan izin importir/distributor/penjual, bahkan jasa pengiriman pun bisa terkena imbasnya.

Apabila Anda ingin menjadi importir produk kosmetik, maka yang dibutuhkan adalah semua dokumen legal dan pastikan bahwa produk telah melalui uji mutu serta tidak membahayakan pengguna. Selain itu, pastikan juga untuk memilih jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia terpercaya dan mampu memberikan harga bersahabat.

Sumber:

  1. https://jasaparalegal.co.id/ingin-menjual-kosmetik-impor-di-indonesia-daftar-dulu-izin-edarnya-di-bpom/
  2. https://www.cekindo.com/id/blog/regulasi-terbaru-mengenai-ekspor-kosmetik-ke-indonesia
  3. https://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt5a4ee304ea7e0/perlukah-izin-jika-membeli-kosmetika-dari-luar-negeri/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *