Bukan Sekali Pakai, Begini 4 Langkah Merawat Masker Kain

  • Whatsapp

bukan-sekali-pakai-begini-4-langkah-merawat-masker-kain

Masker kain merupakan salah satu masker non medis yang bisa dipakai oleh masyarakat yang berada dalam kondisi sehat. Masker tersebut dapat digunakan untuk beraktivitas di luar rumah. Cara membuat yang mudah dan bahan dasarnya mudah ditemukan membuat banyak masyarakat yang memulai usaha jual masker kain. Tidak heran jika variasi model dan motif masker kain sangat banyak dan bertambah dari hari ke hari.

Read More

Seringnya beraktivitas di luar rumah usai new normal diberlakukan tentu membuat masyarakat harus aware dengan keselamatan dan kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan selalu membawa new normal starter kit saat bepergian. Tidak heran jika setiap orang bisa memiliki lebih dari satu perlengkapan seperti masker dan sarung tangan.

Merawat Masker Kain

New normal mengharuskan Anda untuk memakai masker saat keluar rumah. Sehingga Anda memang harus memiliki lebih dari satu masker untuk digunakan secara bergantian. Masker kain yang disarankan digunakan untuk tenaga non medis bisa digunakan secara berulang-ulang. Untuk kembali menggunakannya Anda tentu harus paham pula bagaimana cara perawatannya. Berikut ulasan untuk Anda:

1. Mencuci masker kain

Salah satu hal wajib yang harus dilakukan dalam perawatan masker adalah dengan mencuci masker kain tersebut. Anda harus mencuci masker setidaknya satu kali sehari setelah masker digunakan. Jangan menunggu terlihat kotor untuk mencuci masker tersebut. Nah, untuk cara mencucinya Anda tidak perlu merendam terlalu lama. Cukup oleskan sabun cuci dalam jumlah sedikit dan kemudian kucek atau sikat maskernya.

Jemurlah masker yang sudah dicuci di tempat yang terhindar dari debu dan polusi. Jika ternyata tempat menjemur pakaian berada di pinggir jalan yang berdebu, lebih baik menjemur masker di dalam ruangan. Itu lebih baik daripada membiarkannya terkena debu dan polusi. Termasuk ketika Anda membeli dari orang yang jual masker kain tersebut.

2. Menyetrika masker kain

Langkah ini tidak wajib untuk dilakukan karena tergantung dari bahan kain masker yang Anda punya. Prinsip gampangnya, jika masker terlihat kusut meski sudah dicuci maka masker perlu untuk disetrika.

3. Menyimpan masker

Simpanlah masker pada lemari atau tempat lain yang tertutup. Jangan menaruh masker pada gantungan baju. Jika Anda mempunyai banyak masker sekaligus, cobalah untuk membeli atau membuat sendiri kotak khusus tempat masker. Hal tersebut juga mempermudah Anda ketika hendak mencari masker.

4. Perhatikan kondisi masker

Meskipun dapat digunakan lebih dari sekali pemakaian, masker kain juga dapat mengalami penurunan fungsi. Perhatikan kondisi masker kain Anda. Jika kain masker sudah menipis atau bahkan sudah kendor saat digunakan, Anda perlu mengganti dengan masker yang baru. Anda dapat membeli yang baru di toko yang jual masker kain.

Demikianlah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat masker kain. Semoga ulasan di atas membantu, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *